|

Banjir Darah di Hari Asyura

Batamtvnews.com KABUL, AFGHANISTAN – Peringatan hari suci Asyura di Afghanistan kemarin (6/12) berubah menjadi banjir darah. Saat ribuan penganut Syiah merayakan hari kesepuluh bulan Muharram itu, dua ledakan bom bunuh diri justru mengguncang dua tempat berbeda di Afghanistan. Sedikitnya, 58 orang tewas dalam dua ledakan itu saat umat Syiah merayakan wafatnya Imam Husein bin Ali dalam pertempuran Karbala.

Ledakan di Kota Kabul merenggut sekitar 54 nyawa. Sedangkan ledakan lain terjadi di Kota Mazar-i-Sharif, kota terbesar keempat di Afghanistan yang terletak sekitar 304 kilometer barat laut Kabul, dan menewaskan empat orang.  Selain itu, dua ledakan bom bunuh diri itu juga melukai sedikitnya 154 umat Syiah lainnya.

Situasi pasca-ledakan terasa mencekam. Mayat-mayat bergelimpangan. Darah para korban pun membanjiri jalan. Warga pun turun ke jalan untuk membantu mengevakuasi para korban. Sebagian di antaranya menutupi jenazah para korban dengan kain.

Pemerintahan Presiden Hamid Karzai menyebut insiden kemarin sebagai serangan paling fatal sejak Taliban lengser pada 2001. “Baru kali ini, serangan teroris terjadi saat hari keagamaan penting di Afghanistan,” tutur pemimpin 53 tahun itu di sela konferensi internasional di Kota Bonn, Jerman, kemarin.

Dalam konferensi pers bersama Kanselir Jerman Angela Merkel, Karzai langsung menyampaikan bela sungkawa kepada keluarga para korban. Dia juga berharap seluruh korban luka segera sembuh. “Kami harap seluruh keluarga dan kerabat korban bisa bersabar dalam menghadapi masa-masa sulit ini,” ujarnya seperti disiarkan stasiun televisi Afghanistan kemarin.

Merkel yang mendampingi Karzai juga menyampaikan duka cita. “Artinya (dengan kejadian bom bunuh diri itu), kita harus melanjutkan kerja sama di bidang keamanan dalam rangka mewujudkan jaminan perlindungan bagi seluruh rakyat,” kata pemimpin perempuan tersebut. Baik Karzai dan Merkel meminta pihak berwajib Afghanistan melakukan investigasi mendalam dan memburu pelakunya.

Bom pertama di ibu kota Afghanistan kemarin meledak ketika kerumunan umat Syiah memadati Masjid Abu-Ul Fazil. “Sedikitnya 54 orang tewas dan 150 lainnya luka dalam ledakan ini,” terang Jubir Kementerian Kesehatan Afghanistan Ghulam Sakhi Kargar Noorughli. Sejumlah anak ikut tewas dalam insiden yang oleh para korban disebut sebagai perbuatan Taliban dan Al Qaeda tersebut.

Namun, sejauh ini belum ada individu atau kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas insiden tersebut. “Seorang pelaku meledakkan dirinya di dekat pintu masuk masjid yang sedang dipadati jamaah,” terang Kepolisian Kota Kabul dalam pernyataan tertulisnya. Menurut salah seorang pejabat kepolisian, pelaku berasal dari kelompok jamaah asal Provinsi Logar di selatan Kabul.

Dalam waktu hampir bersamaan, ledakan lain terjadi di dekat sebuah masjid Syiah di sebelah utara Mazar-i-Sharif. Ledakan ini merenggut nyawa empat orang dan melukai empat orang lainnya. Dibandingkan dengan jamaah masjid di Kabul, jumlah warga Syiah yang merayakan Asyura di Mazar-i-Sharif jauh lebih sedikit. “Ledakan berasal dari sebuah sepeda,” ungkap Lal Mohammad Ahmadzai, jubir kepolisian setempat.

Ketika Taliban masih berkuasa, pemeluk Syiah dilarang keras merayakan Asyura di tempat umum. Mereka harus memperingati ritual tahunan itu secara diam-diam.

Tetapi, setelah Taliban terguling pada 2001, pemerintahan sipil Afghanistan memberi kesempatan kepada penganut Syiah untuk merayakan Asyura di masjid-masjid. Karena itu, kaum Syiah pun menuding Taliban sebagai pelaku dua serangan bom bunuh diri kemarin. (AFP/AP/RTR/hep/dwi)

Komentar

Komentar

Image and video hosting by batamtvnews

Leave a Reply

Image and video hosting by batamtvnews
Image and video hosting by batamtvnews
Image and video hosting by batamtvnews
Image and video hosting by batamtvnews

Komentar Pengunjung

  • Aulia Resti: Terimakasih untuk batam tv, untuk artikel yang satu ini. semoga kita semua sehat selalu. amin… Oya...
  • Em Nor: Dengan trobosan ini bukan maslah privasi saja tapi juga bisa meningkatkan mutu dan layan yang lebih baik lagi.
  • Em Nor: Masa tenang waktunya untuk berfiikir dan membedakan siapa yang pantas untuk dipilih karna dua pasangan pantas...
  • Yanti: Saya warga Perumnas tj.Piayu Sei Beduk Batam sudah kirim Email -+ sebulan yg lalu, tentang Restribusi Sampah....
  • rahasia: tangkap saja tuh si ZD alias Zardodi Zar… habis bunuh,langsung update status merasa tidak bersalah....