|

Aliran Dana Ormas Bakal Dilacak PPATK

ppatk

 

Batamtvnews.com JAKARTA – Organisasi kemasyarakatan (ormas) yang selama ini mendapat kucuran dana asing, harus siap-siap saja dilacak oleh  Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Ini menyusul telah disahkannya UU Ormas pada Selasa (2/7), yang salah satu pasalnya mengatur transparansi pendanaan ormas.

UU teranyar ini juga mewajibkan seluruh ormas menggunakan rekening bank nasional, sehingga memungkinkan PPATK melakukan pelacakan aliran dana seluruh ormas.

Direktur Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kemendagri, Tanribali Lamo mengatakan, masuknya ketentuan mengenai keharusan ormas menggunakan rekening bank nasional di UU Ormas, merupakan permintaan PPATK.

“Karena harus menggunakan bank nasional, maka PPATK bisa mengecek lebih lanjut terhadap aliran dana masuk dan penggunaannya oleh ormas,” ujar Tanribali Lamo kepada JPNN di kantornya, Rabu (3/7).

Kapan PPATK bergerak menelisik keuangan ormas? Pria dengan pangkat terakhir mayjen itu mengatakan,” Kalau ada transaksi yang mencurigakan, misalnya sampai ratusan juta. Kalau ada pelanggaran, bisa ke proses hukum.”

Namun, mantan asisten personil KASAD itu mengatakan, sebenarnya yang lebih penting adalah kesadaran setiap ormas untuk mengelola keuangannya secara transparan dan akuntabel.

Pasal 37 ayat (3) UU Ormas berbunyi,” Dalam hal melaksanakan pengelolaan keuangan bagaimana dimaksud ayat (2), ormas menggunakan rekening pada bank asing”. Ayat (2) mengatur kewajiban ormas mengelola keuangan secara transparan dan akuntabel.

Kasubdit Ormas Ditjen Kesbangpol Kemendagri, Bahtiar, menambahkan, selain mendorong transparansi, UU Ormas juga mendorong kemandirian ormas dalam soal pendanaan.

Karenanya, UU ini juga memberi peluang ormas untuk mendirikan badan usaha. Ini diatur di pasal 39.  “Nah, keuntungan dari badan usaha ini bisa disisihkan sebagian untuk dana perjuangan ormas. Dengan memiliki sumber pendapatan tetap, bisa mengurangi ketergantungan dari donatur. Ujungnya, agar perjuangan ormas konsisten dan independen,” ujar Bahtiar. (sam/jpnn)

 

 

m4s0n501

Komentar

Komentar

Lazada Indonesia
Image and video hosting by batamtvnews

Leave a Reply

Lazada Indonesia
Image and video hosting by batamtvnews

Komentar Pengunjung

  • yanuar: Bukannya dari 2 thn yg lalu nih mobil mau dipasarkan .. Smp skrg pun belum nampak bampernya
  • safety training batam: Mantapp patut didukung sosialsisai K3 seperti ini. Semoga ke depannya bisa lebih baik dan...
  • indah asfareni: Saya salah satu peserta diklat di BP Batam ini, mau ucapin trimakasih utk BP Batam khususnya unit...
  • yanuar: Lho kok dia ngamuknya sama panitia??? Aneh lho… Kalo salah ya salah sajalah jgn menghardik…...
  • Aulia Resti: Terimakasih untuk batam tv, untuk artikel yang satu ini. semoga kita semua sehat selalu. amin… Oya...