|

[Video] Tercemar Bakteri, Susu Dumex Mamex 1 & Dumex Dupro 2 Ditarik

http://batamtvnews.com/berita/29727/video-tercemar-bakteri-susu-dumex-mamex-1-dumex-dupro-2-ditarik.html

 

 

Batamtvnews.com BATAM – Menindaklanjuti informasi  dari BPOM RI mengenai dugaan tercemarnya susu formula Dumex Mamex 1 dan Dumex Dupro 2 produksi Malaysia, kamis (15/08) siang pihak BPOM Kepri  melakukan pemeriksaan ngecekan ke PT. Mexindo Mitra Perkasa yang merupakan distributor   produk susu formula produksi Danone Dumex Malaysia tersebut. Susu formula Dumex Mamex 1 dan Dumex Dupro 2 produksi Malaysia itu akhirnya ditarik dari peredaran.

dumex

Komentar

Komentar

Image and video hosting by batamtvnews

1 Comment for “[Video] Tercemar Bakteri, Susu Dumex Mamex 1 & Dumex Dupro 2 Ditarik”

  1. Susu Dumex Tak Tercemar Bakteri
    31 Agustus 2013 – 08:51 WIB

    BATAM (BP) – Kementerian Industri Primer (MPI) Selandia Baru mengumumkan hasil uji laboratorium terhadap susu Dumex Mamex 1 dan Dumex Dupro 2 yang menggunakan bahan baku WPC 80 dari Fonterra. Menurut MPI, dua varian susu ini tidak terbukti tercemar bakteri clostridium botulinum, seperti yang pernah dituduhkan.

    “Bakteri yang ditemukan dalam konsentrat protein whey (WPC) susu produksi Fonterra bukanlah clostridium botulinum,” kata Direktur Jenderal Penindakan MPI Scott Gallacher, seperti dikutip BBC dan dikirimkan PT Mexindo Mitra Perkasa selaku distributor susu Dumex untuk Kepri ke redaksi Batam Pos, Kamis (29/8).

    Fonterra adalah perusahaan susu terbesar di Selandia Baru, yang merupakan eksportir bahan baku susu terbesar di dunia. Bahan baku WPC 80 dari perusahaan ini dipasok ke PT Danone Malaysia. Produk perusahaan ini yang beredar di Indonesia, antara lain Dumex Dugro, Dumex Mamex 1, dan Dumex Dupro 2.

    Dua varian, yakni Dumex Mamex 1, dan Dumex Dupro 2, sempat ditarik dari peredaran lantaran mengandung bahan baku WPC 80 yang diduga tercemar bakteri clostridium botulinum.

    “Organisme ini dikukuhkan sebagai clostridium sporogenes. Oleh karenanya, tidak mampu menghasilkan racun penyebab botulisme,” kata Gallacher.
    Gallacher mengatakan, pihaknya melakukan pengujian tambahan di laboratorium lokal maupun internasional, mencari hasil yang paling kuat yang bisa kita dapatkan. Tes dilakukan oleh Badan Riset pemerintah Selandia Baru AgResearch atas nama Fonterra, berusaha membuktikan dugaan kontaminasi botulisme ini dengan melakukan 195 kali tes. Para ilmuwan, kata dia, menggunakan berbagai metode.

    “Semua kembali negatif untuk clostridium botulinum,” ungkap Gallacher. Sementara Direktur Fonterra, Theo Spierings, mengungkapkan kelegaanya atas kesimpulan akhir tes tersebut.

    “Keamanan pangan merupakan prioritas kami. Karenanya ketika hasil riset yang diungkapkan AgResearch mengindikasikan keberadaan racun clostridium botulinum pada konsentrat protein whey kami, kami tidak mau mengambil risiko,” kata Spierings.

    Namun Fontera tetap meminta maaf atas kebingungan dan kepanikan karena penarikan produk susunya. “Saya benar-benar yakin dengan langkah penarikan produk yang kami lakukan beberapa waktu lalu merupakan langkah terbaik,” ungkapnya.

    Gallacher juga sepakat bahwa pemerintah berhak mengeluarkan peringatan dini kepada publik. “Kami harus bertindak berdasarkan apa yang kita tahu pada waktu itu dengan segera melakukan penarikan,” katanya.

    Sementara itu, distributor susu formula merek Dumex, PT Mexindo Mitra Perkasa mengaku lega setelah menerima informasi produk susu yang ia pasarkan tidak mengandung bakteri clostridium botulinum. “Kemarin kami mendapat fax dari pabrik Dumex di Malaysia yang intinya menyampaikan hasil lab dari Selandia Baru. Kami tentu sangat lega melihat hasilnya,” kata General Manager PT Mexindo Mitra Perkasa, Jason Tan di Batam Centre, kemarin.

    Soal penarikan dan pemusnahan ribuan susu Dupro 2 dan Mamex 1, beberapa waktu lalu, Jason mengatakan, itu merupakan langkah antisipastif. “Itu kan langkah antisipasi agar masyarakat tidak cemas. Dengan keluarnya hasil lab ini, berarti seluruh varian susu Dumex aman dikonsumsi,” ungkapnya. (ros/bbc)

Leave a Reply

Image and video hosting by batamtvnews
Image and video hosting by batamtvnews
Image and video hosting by batamtvnews
Image and video hosting by batamtvnews

Komentar Pengunjung

  • Em Nor: Dengan trobosan ini bukan maslah privasi saja tapi juga bisa meningkatkan mutu dan layan yang lebih baik lagi.
  • Em Nor: Masa tenang waktunya untuk berfiikir dan membedakan siapa yang pantas untuk dipilih karna dua pasangan pantas...
  • Yanti: Saya warga Perumnas tj.Piayu Sei Beduk Batam sudah kirim Email -+ sebulan yg lalu, tentang Restribusi Sampah....
  • rahasia: tangkap saja tuh si ZD alias Zardodi Zar… habis bunuh,langsung update status merasa tidak bersalah....
  • Yudistira: Kenapa ngerahin semua kacung soeryo ? Merasa Bersalah dan takutya ? Di hantui rasa bersalah dan ketakutan...